Arti Perang

Life_as_war_vinyl_3

Perang adalah sesuatu yang menghancurkan dan menimbulkan korban jiwa. Perang juga menyebabkan kehilangan harta serta membangkitkan kebencian yang bertahan lama. Mungkin seperti itulah pandangan umum tentang sebuah perang. Beberapa bulan yang lalu, saya pun menganggap perang demikian. Tidak berbeda. Buah hasil pemberian dogma berkelanjutan dari sekolah formal tingkat dasar, menengan, dan atas. Mulai dari cerita tentang sejarah perang, arti perang, semuanya menjelaskan tentang pertikaian fisik antara sekelompok orang yang saling membunuh dan menghancurkan.

Ketika beranjak ke bangku perkuiahan, saya bertemu dengan banyak teman dari berbagai latar belakang sosial yang berbeda. Bergaul dengan mereka banyak memberikan pengetahuan baru bagi saya. Bahkan tentang perang. Salah satu sahabat bercerita bahwa perang bukanlah merupakan pertikian fisik semata namun lebih luas dari itu. Perang adalah usaha yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan. Sederhana memang, tapi setelah dipikir lebih lanjut saya kira memang begitu adanya.

Setiap orang di bumi saat ini sedang berperang. Baik disadari atau tidak, kita sedang berperang. Kita berperang melawan segala ancaman yang menghadang kita dari tujuan yang ingin kita capai. Seseorang mahasiswa berperang dengan dosen, tugas, ujian, dan dengan yang lain sebagainya untuk mendapatkan ilmu dan kemampuan akademik yang baik. Seorang ayah setiap hari pergi berperang melawan segala ancaman untuk pulang dan menafkahi keluarganya. Poin pentingnya adalah ketika kita mempunyai tujuan maka kita harus bersiap-siap untuk berperang.

Dalam perang, hanya ada dua kemungkinan, kita menang atau kita yang kalah. Ketika menang, tujuan kita tercapai. Namun ketika kalah, itu berarti kemampuan yang kita miliki belum cukup untuk mencapai tujuan tersebut. Bisa jadi, tujuan yang kita tentukan merupakan hal yang besar yang menuntut usaha lebih agar bisa diraih.

Olehnya itu, setiap orang yang hendak mencapai tujuannya haruslah belajar strategi. Strategi menurut saya adalah sebuah langkah sistematis yang dirancang untuk mencapai sebuah tujuan. Strategi ini sangat penting bagi kita karena dengan strategi kita dapat menjabarkan dengan lebih teliti langkah-langkah yang kita lakukan untuk menyelesaikan masalah potensial yang bisa saja muncul ketika kita sedang berusaha untuk mencapai tujuan. Sehingga, kita lebih tenang dan percaya diri dalam berperang.

Hal yang penting yang juga perlu diingat adalah perlunya pemahaman secara presisi tentang hasil dari tujuan kita. Ini penting, karena dapat menjadi bahan bakar semangat bagi kita untuk melaksanakan perang. Perang merupakan hal yang membosankan ketika kita tidak mengetahui alasan kenapa kita berperang. Namun, ketika kita mengetahui alasan dan hasil dari perang yang akan kita lakukan maka kitapun menjadi lebih bersemangat untuk bekerja dan berusaha.

Intinya adalah ketahui tujuan kita secara detail dan rancanglah strategi untuk mencapainya..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s