Sistem Eksitasi Statis

Sistem eksitasi merupakan sistem pemberian arus penguatan awal terhadap belitan medan generator utama. Sebuah generator dapat bekerja jika terdapat fluks yang di hasilkan oleh medan generator. Fluks ini kemudian akan bergerak relatif terhadap kumparan jangkar generator sehingga menghasilkan listrik.

Olehnya itu, keberadaan sistem eksitasi untuk menghasilkan medan pada belitan medan generator sangatlah penting.

Terdapat beberapa macam sistem eksitasi generator yang dapat kita jumpai saat ini. Namun, salah satu sistem eksitasi yang paling sering kita temui adalah sistem eksitasi statis.

Sistem ini merupakan sistem eksitasi yang menggunakan Thyristor (type silicon controlled rectifier (SCR) dengan arus tinggi.

Mekanismenya adalah, pada starting awal generator, battery akan men-supply arus medan ke kumparan medan generator sehingga menghasilkan fluks. Ketika prime mover menggerakan kumparan jangkar yang kemudian memotong fluks magnet yang di timbulkan, maka dihasilkanlah listrik.

Akan tetapi, setelah generator bekerja, maka yang akan men-supply arus medan secara kontinyu ke kumparan medan generator adalah generator itu sendiri yang di kontrol oleh regulator.

Dibandingkan dengan menggunakan generator DC, sistem ini lebih murah dan lebih andal dalam operasinya karena tidak menghasilkan rugi-rugi tambahan pada generator lain.

Leave a comment